Pemkab Pangandaran Berikan Subsidi Uang Kuliah Hingga 70 Persen

    Pemkab Pangandaran Berikan Subsidi Uang Kuliah Hingga 70 Persen

    PANGANDARAN JAWA BARAT - Pemerintahan kabupaten kabupaten Pangandaran hendak memberikan subsidi biaya kuliah 70 persen bagi warga Pangandaran yang anaknya melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Kita harus mempermudah anak Pangandaran supaya bisa mengakses pendidikan tinggi dan murah, " kata bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata seusai menghadiri acara wisuda STITNU AL-Farabi, Rabu (16/12/2020).

    Kami sedang merancang subsidi biaya kuliah bagi anak Pangandaran yang baru lulus SMA dan SLA  sederajat lainnya.Mengapa, ya karena Angka Partisipasi Kasar ( APK) perguruan tinggi di kabupaten Pangandaran berada di angka 8%, dan itu tergolong rendah.

    Artinya, dari 100 lulusan SMA hanya 8 orang yang melanjutkan ke perguruan tinggi, nah dari kenyataan ini, kata Jeje, ini adalah masalah yang harus dipecahkan.Jadi, kalau kita mau meningkatkan kualitas SDM, ya pemerintah harus siap berkorban dengan menggelontorkan anggaran, karena qualitas SDM itu sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah daerah, " terang Jeje.

    Maka dari itu, kami telah memproyeksikan anggaran sekitar 30-40 milyar rupiah, untuk membiayai program subsidi uang kuliah.Insya Alloh, di tahun 2022 bisa direalisasikan, karena di tahun 2021 ini kita baru akan melakukan kajian dulu, termasuk menjajaki kerjasama dengan perguruan tinggi untuk membuka campus di Pangandaran, " kata Jeje.

    Di tempat terpisah, Agus Nurdin, sekertaris dinas pendidikan Pangandaran, mengatakan bahwa, setiap tahun, di kabupaten pangandaran rata-rata ada sekitar 6.000 siswa lulusan SLA sederajat.Dia juga membenarkan, hanya ada sekitar 8% siswa lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi, padahal target APK nasional, di patok diangka 50%.

    Sebenarnya, di 3 tahun terahir, program subsidi uang kuliah bagi mahasiswa Pangandaran sudah berjalan, namun jumlahnya masih terbatas.Sekarang, ada 150 orang yang sedang kuliah dapat subsidi uang kuliah dari pemkab Pangandaran, sebesar 3 juta rupiah per tahun.

    Seandainya pemkab Pangandaran berniat menambah porsi bantuan subsidi, menurut Agus, itu sebuah langkah positif bagi peningkatan kualitas SDM masyarakat Pangandaran kedepan.

    Agus pun menjelaskan bahwa, sejauh ini, dirinya sudah menjajaki pembukaan perguruan tinggi swasta di Pangandaran, dengan harapan jumlah perguruan tinggi semakin banyak.

    Tahun depan, kami memiliki program inisiasi pembukaan campus universitas Pasundan, mudah-mudahan bisa terealisasi, karena, jika semakin banyak perguruan tinggi, akan semakin besar akses masyarakat untuk menimba ilmu di perguruan tinggi, " kata Agus. (Anton AS)

    pangandaran jawa barat
    Anton Atong Sugandhi

    Anton Atong Sugandhi

    Artikel Sebelumnya

    LKS Azahra Uswatun Hasanah Santuni Siswa...

    Artikel Berikutnya

    Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat Akan Menindak...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"
    Kiyai Habibudin: Berjuang untuk Memanusiakan Manusia Harus Berangkat dari Kebutuhan Keinginan dan Frekuensi yang Sama Tanpa Kebersamaan Tidak Nyambung
    Agar Berjalan Dengan Lancar Dan Tertib, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Pantau Dan Monitoring Kegiatan Pasar Murah

    Ikuti Kami